Anda Wajib Tahu Lima Fakta Seputar Tulang



Anda Wajib Tahu Lima Fakta Seputar Tulang

PENCEGAHAN osteoporosis sebaiknya dimulai sejak usia dini. Pasalnya, tulang menjadi semakin rapuh seiring penuaan dan penurunan kepadatan  tulang tahap awal seringkali tidak kelihatan.

Berdasarkan data yang dikutip situs womenfitness.com, satu dari dua perempuan berusia di atas 50 akan mengalami patah tulang terkait osteoporosis.

osteoporosisDi usia 20-an hingga 30-an, Anda membangun tulang sama cepatnya dengan Anda menghilangkannya. Tapi saat mencapai usia 35, penurunan kepadatan tulang lebih cepat dibandingkan pembentukan tulang. Sebagai akibatnya, kerangka akan mengalami erosi
secara perlahan.

Untuk membantu Anda mempertahankan kepadatan tulang, berikut beberapa fakta merisaukan seputar tulang yang bisa menjadi panduan Anda:

1. Suplemen kalsium saja tidak cukup

Kalsium sangat penting untuk menjaga tulang sehat tapi tidak bisa menjamin kesehatan tulang Anda sepenuhnya. Banyak studi yang menunjukkan bahwa makanan tertentu lebih efektif dibandingkan pil suplemen dalam menjaga kepadatan tulang.

Anda bisa membantu menjaga tulang dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Vitamin ini diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium. Makanan tersebut termasuk sarapan dan sereal yang telah diperkaya dengan vitamin D dan kuning telur. Selain itu, cobalah menambah asupan makanan yang mengandung vitamin K (yang juga membantu penyerapan kalsium), seperti bayam, brokoli dan kol.

…Anda bisa membantu menjaga tulang dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Vitamin ini diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium….

Temuan awal peneliti dari Amerika Serikat mengindikasikan bahwa perempuan postmenopause yang mengonsumsi brokoli paling tidak tiga kali seminggu selama satu tahun berisiko 80 persen lebih kecil mengalami patah tulang dibandingkan mereka yang mengonsumsi brokoli kurang dari sekali seminggu.

2. Waspadai patah tulang di usia 30-an

Perempuan muda seharusnya tidak mengalami patah tulang kecuali akibat kecelakan atau jatuh dari tempat tinggi. Jika Anda mengalami patah tulang hanya karena tergelincir atau tanpa alasan yang jelas, ada baiknya meminta dokter melakukan tes kepadatan tulang.

Penelitian menunjukkan bahwa perempuan dan laki-laki yang mengalami patah/retak tulang kaki tanpa alasan jelas, memiliki kepadatan tulang rendah.”Retak tulang meningkatkan risiko patah tulang selanjutnya di bagian lain dalam tubuh,” terang Dr Beatrice Edwards, seorang direktur program osteoporosis di Chicago.

perempuan dan laki-laki yang mengalami patah/retak tulang kaki tanpa alasan jelas, memiliki kepadatan tulang rendah…

3. Penyakit gusi tidak hanya sekadar masalah mulut

Studi-studi pendahuluan menunjukkan bahwa perempuan usia lanjut dengan penyakit gigi juga berisiko mengalami osteoporosis. Jika Anda sudah melewati masa menopause dan menderita gangguan gigi, ada baiknya melakukan tes osteoporosis.

4. Osteoporosis diturunkan dalam keluarga

“Genetik merupakan faktor penting dan bisa diturunkan dari sisi ayah dan ibu,” terang Dr Felicia Cosman, direktur klinis National Osteoporosis Foundations Amerika Serikat. Selain itu, hasil studi menunjukkan bahwa hubungan keturunan biasanya lebih kuat di area tertentu seperti tulang pinggul dan pergelangan tangan.

5. Tes kepadatan tulang mungkin tidak menguak risiko Anda

Mungkin Anda sudah pernah mencoba mesin ultrasound yang mendeteksi tanda-tanda penipisan tulang di jari-jari dan pergelangan kaki. Tapi, cara ini kemungkinan besar tidak bisa menggambarkan kesehatan tulang dengan tepat.

Penurunan kepadatan tulang tidak sama di seluruh bagian tubuh. Kemungkinan Anda mengalami kehilangan kepadatan tulang lebih banyak di satu area dibandingkan bagian tubuh lainnya. Bagian yang perlu diukur adalah pinggul dan tulang belakang, area yang paling sering mengalami patah tulang serius.

Salah satu tes yang paling dianjurkan adalah sinar-x khusus yang dikenal dengan DEXA (dual energy x-ray absorptiometry). Cara ini bisa mengukur kepadatan tulang di tulang pinggul. [taz/voa-islam.com/mi]

Iklan

10 Teknik Sederhana Mengurangi Stress



Anda Stress?? Inilah 10 Teknik Sederhana Mengurangi Stress

By: dr. Marfuatus S.

stressKondisi Ekonomi yang menjepit terkadang membuat kita tertekan dalam keadaan stress yang luar biasa. Jika Anda punya gaya hidup yang sangat sibuk bahkan sering melupakan waktu untuk diri anda sendiri atau bahkan keluarga Anda, maka ada baiknya Anda mencoba teknik di bawah ini.

Melalui berbagai penelitian, para ahli mengatakan teknik relaksasi dapat membawa Anda kembali ke dalam keseimbangan, relaksasi bisa dilakukan dengan hanya beberapa di lima menit atau kurang dalam sehari.

Aktivitas yang begitu sibuknya, Anak-anak butuh tumpangan ke sekolah, suami Anda tidak dapat menemukan celana pendek, atasan Anda baru saja menjadwalkan pertemuan online, dan teman terbaik Anda sangat membutuhkan bantuan Anda semuanya pada waktu yang sama. Apa yang ada dalam pikiran Anda? Pusing bahkan strees akan merasuk dalam diri Anda.

Beratkan jika anda meluangkan waktu untuk rileks untuk melepaskan semua beban hidup tersebut?. Atau Apakah mengherankan bahwa Anda tidak dapat menemukan satu menit untuk relaksasi? Bahkan, jika Anda seperti kebanyakan wanita, Anda mungkin lupa bagaimana untuk bersantai.

Padahal, di lain pihak para ahli mengatakan bahwa beberapa stres yang baik untuk anda dapat mempertajam indra Anda dan pikiran Anda.  Terlalu banyak tekanan atas stres sanagat buruk bagi kesehatan mental dan fisik Anda. Pada saat yang sama, relaksasi dapat melakukan keajaiban untuk mengembalikan keseimbangan dalam hidup Anda, dan mungkin bahkan mengurangi beberapa risiko kesehatan yang berhubungan dengan stres.

…Terlalu banyak tekanan atas stres sanagat buruk bagi kesehatan mental dan fisik Anda. Pada saat yang sama, relaksasi dapat melakukan keajaiban untuk mengembalikan keseimbangan hidup…

Di bawah ini kita akan berbicara dengan para pakar untuk mempelajari lebih lanjut tentang relaksasi, dan bagaimana untuk mencapai itu. Berikut adalah 10 teknik Sederhana yang dapat digunakan – setiap saat dan hampir di mana saja – untuk mengurangi ketegangan dalam hidup Anda.

1. Buang Pikir Anda Sejenak dan Gerakkan Tubuh Anda

Jika Anda berpikir relaksasi berarti memutar tubuh Anda ke posisi yang tidak nyaman dan mengucapkan “ooh” dan “OMMS” selama satu jam, maka disitulah ketidaknyamanan akan menjadi nyaman karena ketegangan otot menjadi terlepas dan begitulah anda ulangi sesuka anda. “Setiap tindakan yang berulang-ulang dapat menjadi sumber relaksasi”, kata Herbert Benson, MD, penulis buku The Relaxation Response anddirector emeritus, Benson-Henry Institute for Mind Body Medicine di Chestnut Hill, Massachusetts.

Cara ini termasuk didalamnya berjalan, berenang, melukis, merajut – aktivitas apapun yang menarik perhatian Anda akan tetap tenang pada saat ini.

Ketika Anda mendapatkan diri Anda berpikir tentang pekerjaan Anda, atau yang membuat anda strees maka, para ahli mengatakan untuk melepaskan pikiran sejenak atau melarikan diri dari berbagai pikiran yang menjerat Anda, dan membawa kembali pikiran Anda pengulangan kegiatan. Cobalah untuk hanya 5 sampai 10 menit per hari dan menonton tingkat stres turun.

2. Bayangkan Diri Anda dalam Keadaan Paling Rileks

Jika Anda stress Cobalah menciptakan visualisasi yang damai, atau “dreamscape.” Untuk memulai, cukup memvisualisasikan sesuatu yang membuat pikiran Anda jauh dari ketegangan saat itu. Anda bisa membayangkan berada di tempat liburan favorit, sebuah pulau fantasi yang menurut anda paling indah atau sesuatu yang “dapat disentuh,” suka merasakan jubah sutra favorit Anda atau sweater yang nyaman.

Idenya adalah untuk mengambil pikiran Anda dari stres Anda, dan menggantinya dengan gambar yang membangkitkan rasa tenang. Yang lebih realistis lamunan Anda – dalam hal warna, pemandangan, suara, bahkan sentuhan dan merasa – lebih banyak Anda akan mengalami relaksasi.

3. Ambil Nafas Sedalam Mungkin

Stres dapat membangkitkan ketegangan dan napas pendek, sementara tenang dikaitkan dengan santai pernapasan, kata Michael Lee, penulis Stres Menuju Nyaman di Vermont. Jadi, untuk mengubah ketegangan dalam relaksasi, katanya, mengubah cara Anda bernapas.

Coba ini: Biarkan keluar napas besar, menjatuhkan/kempeskan dada, dan mengeluarkan napas melalui bibir dengan lembut, kata Joan Borysenko, PhD, direktur Harvard’s Mind-Body Klinis Program. Sekarang bayangkan perut Anda yang rendah, atau pusat, sebagai dalam, tempat yang kuat. Rasakan napas Anda yang datang dan pergi seperti pikiran Anda tetap terfokus di sana.

Tarik napas, merasa seluruh perut, sisi dan punggung bawah mengembang. Buang napas, mendesah lagi ketika Anda menurunkan dada, dan perasaan perut, belakang dan samping kontrak. Ulangi 10 kali, santai lebih lengkap setiap kali.

4. Lihatlah Lingkungan Sekitar Anda

“Mindfulness adalah saat ini dan mulai dari sekarang pendekatan hidup yang membuat kehidupan sehari-hari lebih kaya dan lebih bermakna,” kata Claire Michaels Wheeler, MD, PhD, penulis dari 10 Wikipedia Solusi untuk Stres. Ini kehidupan mendekati seperti anak kecil, tanpa penilaian pada apa yang terjadi. Mindfulness berarti berfokus pada satu kegiatan pada satu waktu, jadi lupa multi-tasking! Tinggal di masa kini-tegang dapat membantu mempromosikan relaksasi dan memberikan penyangga terhadap kegelisahan dan depresi.

Praktek itu dengan berfokus pada lingkungan terdekat Anda. Jika Anda di luar ruangan, menikmati bentuk dan warna bunga, mendengar panggilan burung atau mempertimbangkan sebuah pohon. Di mall, melihat rincian gaun di lemari atau jendela, memeriksa perhiasan dan fokus pada bagaimana itu dibuat, atau jendela-toko untuk perabotan, memeriksa setiap detail pola dan gaya. Selama Anda dapat menjaga pikiran Anda terfokus pada sesuatu di masa kini, stres akan menghilang dalam diri Anda.

5. Minumlah Teh Panas

Jika Anda seorang penggila minum kopi maka pertimbangkanlah kesehatan diri anda. Kopi meningkatkan kadar hormon stres yang terkenal, kortisol, sedangkan teh hijau menawarkan kesehatan dan kecantikan, kata Nicholas Perricone, MD, penulis dari 7 rahasia untuk Kecantikan, Kesehatan, dan Panjang Umur.

Teh chamomile adalah teh favorit dan tradisional untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stress. Dan teh hitam dapat menjadikan stres turun sangat drastis. Para peneliti dari University College London melaporkan. Peserta yang minum teh hitam biasa ditampilkan tingkat kortisol lebih rendah, dan melaporkan merasa lebih tenang selama enam minggu situasi penuh tekanan daripada mereka yang minum plasebo dengan jumlah yang sama kafein.

6. Tampilkan Beberapa Wujud Kasih Sayang Anda

Menginduksi respons relaksasi dengan memeluk buah hati anda, binatang peliharaan Anda, memberikan pelukan yang tak terduga kepada seorang teman atau anggota keluarga, bercanda, bersua dengan pasangan Anda, atau berbicara dengan seorang teman tentang hal-hal baik dalam hidup Anda, kata psikolog Deborah Rozman, PhD, co-penulis Transforming stres. Bila Anda melakukannya, Anda akan mengurangi tingkat stres Anda.

Mengapa? Para ahli mengatakan interaksi sosial membantu otak Anda berpikir lebih baik, dengan melakukan hal ini akan mendorong Anda untuk melihat solusi baru terhadap situasi yang dulu tampaknya tidak mungkin, katanya. Penelitian juga menunjukkan bahwa kontak fisik – seperti membelai buah hati, pasangan atau kucing Anda mungkin benar-benar membantu menurunkan tekanan darah dan penurunan hormon stres.

7. Cobalah untuk Memijat Diri Sendiri Senyaman Mungkin

Ketika otot Anda tegang dan Anda tidak punya waktu untuk pergi ke tukang pijat, cobalah cara sederhana ini! teknik memijat diri sendiri dari Darrin Zeer, penulis Lover’s Message. Tenanglah dan baringkan tubuh anda ke lantai rumah anda.

    * Tempatkan kedua tangan pada bahu dan leher.
    * Remas dengan jari-jari dan telapak tangan.
    * Gosokkan keras dan bahu tetap rileks.
    * Kedua telapak tangan Anda saling memegang lengan lainnya.
    * Remas otot dengan ibu jari dan jari.   

    * Pindah ke atas dan ke bawah dari siku Anda ke ujung jari dan ulangi
    * Ulangi dengan lengan lain.

8. Istirahatkan Tubuh Anda

Meski pekerjaan sangat menumpuk tetapi tubuh Orang dewasa juga memerlukan istirahat. Jadi, ketika Anda merasakan emosi Anda akan segera meletus, Jeff Brantley, MD, menyarankan mencari tempat yang tenang untuk duduk atau berbaring dan meletakkan situasi penuh tekanan ditahan. Ambil beberapa napas dalam-dalam dan berkonsentrasi pada melepaskan ketegangan dan menenangkan detak jantung Anda. Menenangkan pikiran dan ingat: Waktu adalah selalu di sisi Anda, jadi santai. Stres bisa menunggu.

9. Cobalah untuk Mendengar Suara yang lembut dan soft

Musik dan suara yang merdu dapat menenangkan detak jantung dan menenangkan jiwa, para ahli mengatakan. Jadi, ketika keadaan menjadi penat atau stress, maka mengambil jalan memutar musik, nasyid  atau bahkan murottal akan menghilangkan stress karena menyelaraskan detak jantung Anda dengan tempo lambat lagu santai. Dan Anda mungkin ingin membuat lagu klasik.

Penelitian menunjukkan bahwa 30 menit mendengarkan musik klasik dapat menghasilkan efek menenangkan setara dengan mengambil 10 mg Valium/obat penenang.

10. Mengambil Sikap Diam dan Tenang Sejenak

Tiga puluh detik adalah waktu yang cukup untuk menggeser irama jantung Anda dari stres untuk rileks, kata Ahli Kesehatan. Cara untuk melakukannya: Libatkan hati dan pikiran Anda dalam berpikir positif. Mulailah dengan membayangkan sesuatu yang memicu perasaan positif – visi anak Anda atau pasangan, gambaran Buah Hati atau hewan peliharaan Anda, perhiasan besar Anda, kenang-kenangan dari liburan-apa pun itu, menyulap atas pikiran akan membantu memperlambat pernapasan, rilekskan otot-otot tegang dan memasang senyum di wajah Anda.

Rozman mengatakan bahwa menciptakan sikap emosional yang positif juga bisa tenang dan stabil irama jantung Anda, berkontribusi terhadap perasaan relaksasi dan kedamaian. [MDw/voa-islam.com]

Asam Urat


Asam Urat

Asam urat itu disebabkan kandungan asam urat di dalam darah tinggi. gout itu serangan asam urat yang parah sampai penderita benar² kesakitan. kalo rematik itu sakit di tulangnya. Asam urat adalah hasil metabolisme tubuh oleh salah satu unsur protein, zat puri dan ginjal adalah organ yang mengatur kestabilan kadarnya dalam tubuh dan akan membawa sisa asam urat ke pembuangan air seni. Namun jika kadar asam urat itu berlebihan, ginjal tidak akan sanggup mengaturnya sehingga kelebihan itu akan menumpuk pada jaringan dan sendi.

Otomatis, ginjal juga akan mengalami gangguan. Kandungan asam urat yang tinggi menyebakan nyeri dan sakit dipersedian yang amat sangat, jika sudah sangat parah, penderita bisa tidak bisa jalan.

Obat Traditional Asam Urat :

-Sirsak dimakan begitu saja atau dijuice, dimakan/minum tiap hari

-Daun salam 7 lembar direbus dengan dua gelas air, sampai tinggal 1 gelas, diminum pagi dan sore

-labu siam diparut kemudian disaring diambil airnya diminum tiap hari.

-Pengobatan H. Malik di Pamulang, makan jamu²an…

-Cuka apel yang sudah jadi dan dicampur madu dengan ukuran satu sendok madu ditambah 2 sendok makan cuka apel plus air hanagt -/

50 cc dan diminum selama 1 minggu pagi bangun tidur dan kalo’ mau tidur malam

-kentang mentah dan apel malang di juice

-Obat dari Ibu Winarto di Karya sari di 846 6766.. obat²an dari tumbuh²an

Makanan yang harus dihindari atau dikurangi jumlahnya :

-minuman fermentasi dan mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tape, dan tuak.

-Juga jangan sentuh sama sekali yang namanya makanan laut udang, remis, tiram, kepiting,

-berbagai jenis makanan kaleng seperti sarden,kornet sapi -Berbagai jeroan seperti hati, ginjal, jantung, otak, paru, limpa, usus, -buah-buahan tertentu seperti durian, alpokat dan es kelapa.

Sedangkan makanan yang harus Anda kurangi asupannya dalam arti dalam porsi sedikit masih bisa Anda makan, yaitu :

– ikan, daging kambing, daging ayam, daging sapi,

– tempe, emping, kacang, oncom,

– beberapa jenis sayuran tertentu seperti brokoli, bayam, kangkung, kol dan tauge.

“Aku pernah baca kalo Asam urat itu bisa disembuhkan dengan memakan buah Sirsak, bisa dijus atau dimakan langung (cmiiw).” (DM)

“Coba aja setiap hari pembantu kamu mengkonsumsi buah sirsak, obat

traditional ini cukup membantu. Pantangannya sudah pasti kacang- kacangan, sayuran hijau seperti kangkung, daging jeroan kambing, emping dan yang lain lain aku kurang begitu mengerti. Ini berdasarkan pengalaman keluargaku.

Just for Info, Kakakku ada 2 yang terkena Asam urat. Ini kisah nyata, yang penurut dan setiap hari makan sirsak sampai detik ini Alhamdulillah sehat wal afiat dan kakakku yang satunya (kurang nurut) dan suatu hari tergiur untuk makan sate jeroan kambing (sedih) akhirnya harus menghadap Allah Swt. tanggal 29 june tahun ini baru akan 40 hari kepergiannya. (aku jadi sedih lagi nih). yang terasa biasanya dipersendian persendian, pegel-pegel gitu. Tapi yang jelas rata-rata penderita asam urat itu pegel/sakitnya dikaki. Bahkan kalo sudah positif dan malah sudah parah penderita tidak bisa berjalan, karena daerah sekitar persendian kaki (mata kaki) membengkak. ” (FK) 

“Saya dulu pernah dapat resep buat asam urat teman saya, labu siam diparut kemudian disaring diambil airnya diminum tiap hari. kalo kakak saya minum sarinya buah pace. yang saya tau ada obat namanya kalo gak salah “alopurinol”.kalo saya sendiri ada bakat jg dg asam urat soalnya ibu dan kakak saya kena juga. tapi saya cenderung tidak melakukan pengobatan, tapi pencegahan dengan menghindari makan²an yang dilarang misal emping, kemangi, jerohan, lamtoro, seafood, brokoli, makanan kaleng, kacang²an. kalo pas kena ya saya biarin aja, saya inget² makan apa ya tadi? abis itu trus saya hindari.. tapi sekarang alhamdulillah udah gak kumatan lagi lho.dalam darah.

Dua minggu ini saya coba makan kemangi so far baik² aja. saya minum Immunocal. pernahdenger gak moms.. itu lho, serum susu buat ningkatin daya imun tubuh. btw, bukan hanya utk asam urat aja, bisa utk jantung, kanker, stroke, diabet, dll dr yang ringan sampai yang serem… wah hebat deh si immunocal ini Asam urat itu disebabkan kandungan asam urat di dalam darah tinggi. gout itu serangan asam urat yang parah sampai penderita benar² kesakitan. kalo rematik itu sakit di tulangnya” (WA)

“Penyakit asam urat pada beberapa waktu lalu memang cenderung menyerang usia senja. Namun kini banyak kasus ditemui pria maupun wanita berusia 20 tahunan pun banyak yang menderita penyakit ini. Setelah diteliti, pola makan memegang peranan utama disusul oleh kebiasaan hidup tanpa olahraga.

Sayang bukan, jika usia baru menjelang 40 tahun namun Anda sudah

mengalami kekakuan sendi dan harus puas hanya duduk di kursi goyang

sepanjang hari. Menyangkut pola makan, sebaiknya Anda mengenali makanan yang harus dihindari dan makanan yang harus dikurangi agar kadar asam urat dalam tubuh tidak kelewat batas. Antara lain yang harus dihindari sama sekaliadalah berbagai macam minuman fermentasi dan mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tape, dan tuak. Juga jangan sentuh sama sekali yang namanya makanan laut udang, remis, tiram, kepiting, berbagai jenis makanan kaleng seperti sarden, kornet sapi, berbagai jeroan seperti hati, ginjal, jantung, otak, paru, limpa, usus, dan buah-buahan tertentu seperti durian, alpokat dan es kelapa.

Sedangkan makanan yang harus Anda kurangi asupannya dalam arti dalam porsi sedikit masih bisa Anda makan, yaitu ikan, daging kambing, daging ayam, daging sapi, tempe, emping, kacang, oncom, beberapa jenis sayuran tertentu seperti brokoli, bayam, kangkung, kol dan tauge. Kadar asam urat yang normal dalam darah adalah 7 mg%, jika lebih dari itu maka Anda harus benarbenar diet berbagai jenis makanan yang telah disebutkan merangsang asam urat

Bukan saja kekakuan sendi yang akan Anda derita namun juga kemungkinan penyakit lain seperti batu ginjal, kerusakan ginjal, dan tekanan darah tinggi. Ini bisa dimengerti karena asam urat adalah hasil metabolisme tubuh oleh salah satu unsur protein, zat puri dan ginjal adalah organ yang mengatur kestabilan kadarnya dalam tubuh dan akan membawa sisa asam urat ke pembuangan air seni. Namun jika kadar asam urat itu berlebihan, ginjal tidak akan sanggup mengaturnya sehingga kelebihan itu akan menumpuk pada jaringan dan sendi. Otomatis, ginjal juga akan mengalami gangguan.

Oleh karena itu sejak dini baiknya Anda memeriksakan diri jika mengalami gangguan linu dan kaku pada sendi yang kecil-kecil seperti jari tangan atau kaki. Dan mulailah hindari makanan perangsangnya, jangan tunda- tunda lagi! ” (YS) 

“Aku pernah baca di Trubus kalo daun Salam (yang biasa buat bumbu dapur itu lo..) sangat ampuh untuk mengobati Asam Urat. Caranya beberapa lembar daun salam di rebus kemudian airnya diminum, pagi & sore, katanya airnya enak dan harum jadi seperti minum teh aja. (SA)1. Bila kadar asam urat di atas 7 mg%, makanan yang dihindari adalah: Alkohol (bir, wiski, anggur, tape, tuak). Remis, udang, tiram, kepiting. Makanan kaleng:1. Bila kadar asam urat di atas 7 mg%, makanan yang dihindari adalah: Alkohol (bir, wiski, anggur, tape, tuak). Remis, udang, tiram, kepiting. Makanan kaleng:

“Kalo asam urat, obat tradisional yang aku tau dan coba untuk suamiku adalah daun salam. Jadi 7 lembar daun salam direbus dengan 2 gelas air hingga menjadi satu gelas. diminum tiap pagi dan sore. 3 hari aja sembuh deh…..trus kalo untuk pencegahan, minum tiap hari segelas aja. semoga membantu ” (MA)

“Rasanya antara pegel dan sakit …kebetulan aku pernah ngalamin waktu kuliah.

aku lupa waktu itu sebabnya kenapa, tapi kemingkinan keturunan juga bisa kali ya? soalnya papaku dan adikku juga asam urat… belum kalo kambuh dan bengak, alhamdulilah aku cuma ngerasain sakit aja, sementara kalo papaku, sampe nggak bisa jalan mbak saking sakitnya..Alhamdulillah pengobatan tradisional ternyata membantu banget dan alhamdulillah papaku udah sembuh walaupun kalo salah makan dikit bisa ngerasa sakit dan bengkak lagi..

pengobatan tradisionalnya waktu itu sama H. Malik di Pamulang, makan

jamu²an… kalo sekarang papaku sering pijit ke Pak Dufung di Bogor.. (NY)

“Ibuku juga penderita asam urat… nah kalo’ udah kumat gini biasanya ibuku suka  minum cuka apel yang sudah jadi dan dicampur madu dengan ukuran satu sendok madu ditambah 2 sendok makan cuka apel plus air hanagt -/ 50 cc dandiminum selama 1 minggu pagi bangun tidur dan kalo’ mau tidur malam …. biasanya beliau setelah minum ini cepet turun kadar asam uratnya. (MR)

“Ibuku juga sakit asam urat..sudah pernah coba berbagai macam obat tradisional..dari rebusan daun salam, minum cuka apel, labu siam tapi akhirnya cocok dg kentang mentah dan apel malang di juice dan aku sering kasih saran juice ini ke beberapa teman, kebanyakan cocok tuh.. ” (ER)

“Kalo obat tradisional aku ngga tau ya, cuma aku pernah baca ada beberapa makanan pantangan seperti :

 

corned beef, sarden, dll.Jeroan: hati, ginjal, jantung, otak, paru, limpa, usus. Ekstrak daging: kaldu kental.

2. Beberapa buah-buahan: durian, apokat, dan air kelapa. 3. Makanan yang dibatasi: Ikan. Daging: kambing, sapi, ayam. Kacang, belinjo/emping, oncom, tempe. Beberapa jenis sayuran: brokoli, bayam, kangkung, kol, taoge.” (DB)

 

corned beef, sarden, dll.Jeroan: hati, ginjal, jantung, otak, paru, limpa, usus. Ekstrak daging: kaldu kental.

2. Beberapa buah-buahan: durian, apokat, dan air kelapa. 3. Makanan yang dibatasi: Ikan. Daging: kambing, sapi, ayam. Kacang, belinjo/emping, oncom, tempe. Beberapa jenis sayuran: brokoli, bayam, kangkung, kol, taoge.” (DB)

Dagelan Negara Demokratis


Ayat Tembakau Skandal Amat Serius

SEBUAH skandal legislasi terungkap di akhir masa kerja Dewan Perwakilan Rakyat periode 2004-2009. Undang-Undang Kesehatan yang disahkan melalui rapat pleno yang tidak bergairah pada 14 September 2009 ternyata menyisakan masalah. Sebuah ayat, yang sesungguhnya ada dan telah disetujui dalam Rapat Paripurna DPR, raib.

Dagelan negara demokratis

Dagelan negara demokratis

Ayat yang lenyap ternyata menyangkut tembakau. DPR dalam rapat paripurnanya mengesahkan Undang-Undang Kesehatan lengkap dengan ayat tembakau yang begitu penting itu. Namun, ayat tersebut lenyap ketika naskah undang-undang itu diterima Setneg.

Penghilangan ayat tembakau dari Undang-Undang Kesehatan sesungguhnya bukanlah sebuah skandal biasa. Itu adalah kejahatan sangat serius. Karena itu, tidak boleh publik menerimanya sebagai hanya kesalahan teknis seperti yang diungkapkan dengan enteng oleh para petinggi DPR.

Negara dan aparaturnya harus menyelidiki kasus itu sebagai sebuah kejahatan berat. Karena penghilangan ayat tembakau berdampak sangat luas kepada kesehatan publik.

Bila yang dihilangkan adalah ayat tentang tembakau, adalah sangat wajar untuk mengatakan penghilangan itu bukanlah sebuah kebetulan. Karena tembakau, termasuk rokok, sedang berperang dengan kecenderungan global yang semakin kuat bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan.

Selain berperang melalui iklan yang tiada lelah, industri rokok diketahui membangun lobi-lobi politik untuk memenangi kebijakan di banyak negara. Tentu, termasuk Indonesia yang menurut survei terbaru menjadi negara dengan jumlah perokok terbesar di Asia Tenggara.

Adalah kepentingan industri rokok untuk menghilangkan ayat yang memasukkan tembakau sebagai zat adiktif. Karena itu, wajar bila ada tangan-tangan jahil berperan menghilangkan ayat itu.

Kecurigaan adalah salah satu institusi dalam penegakan hukum. Karena itu, patutlah dicurigai bahwa penghilangan ayat tembakau bukanlah semata kesalahan teknis, melainkan sebuah kesengajaan. Dengan demikian, itu adalah kejahatan yang amat serius. Karena itu kejahatan serius, pelakunya harus dihukum berat.

Kita lalai memahami sebuah bentuk kejahatan yang tidak berdarah. Yaitu kejahatan kebijakan. Ini kejahatan teks yang tidak menggorok, tetapi dalam jangka panjang membunuh banyak orang.

Ketika DPR yang salah satu fungsi utamanya melahirkan undang-undang demi kemaslahatan publik justru menghadirkan undang-undang yang mematikan publik, itu adalah kejahatan yang amat fundamental. Sebuah pengkhianatan nurani yang dahsyat. Sama dengan guru yang ternyata melakukan kejahatan pengajaran. Atau wasit yang mencurangi pertandingan.

Nafsu untuk mengkhianati mandat dan nurani rakyat masih bergelora di DPR. Legislasi menjadi salah satu alat tawar di pasar gelap maupun terang. Karena nafsu pengkhianatan masih membara, publik harus awas.

Si Merah Rosella, Cantik nan Berkhasiat


Si Merah Rosella

Si Merah Rosella

Rosella sebenarnya tanaman yang sudah sangat dikenal di Indonesia. Dulu, kelopak bunga tanaman tersebut dikenal sebagai frambozen dan sering digunakan untuk bahan pembuat sirup berwarna merah yang beraroma khas. Baru sekarang ini, kelopak bunga rosella dikenal sebagai bahan minuman yang disebut teh rosella.

Tanaman rosella tumbuh di banyak negara, seperti Sudan, Meksiko, Jamaika, Brazil, Panama, hingga beberapa negara bagian AS dan Australia. Banyak orang menyebut tanaman itu berasal dari Afrika. Sebab, tumbuhan tersebut memang banyak ditemukan di sana. Penyebarannya tidak lepas dari para budak yang dikirim ke beberapa belahan dunia.

Tanaman tersebut dikenal dalam berbagai nama, seperti jamaican sorell (India Barat), oseille rouge (Prancis), quimbombo chino (Spanyol), karkade (Afrika Utara), dan bisap (Senegal). Sedangkan di Indonesia, tanaman tersebut lebih dikenal sebagai mrambos hijau (Jateng), asam jarot (Padang), asam rejang (Muara Enim), dll.

Pada tanaman itu, yang berkhasiat bukan bunga, melainkan kelopak yang berwarna merah. Memang, kelopak itu berbentuk seperti bunga, terlebih jika sudah dikeringkan. Kelopak tersebut dapat dikonsumsi dalam bentuk segar maupun seduhan seperti teh. Kelopak bunga rosella dalam bentuk segar dapat dimanfaatkan untuk membuat makanan, seperti puding, campuran salad, jus, manisan, selai, dan sirup. Selain rasa yang enak, kelopak bunga itu memang memiliki efek farmakologis cukup lengkap.

Bahan aktif dan Kandungan kelopak bunga Rosella

Bahan aktif dari kelopak bunga rosella adalah grossypeptin, antosianin, gluside hibiscin, dan flavonoid. Setiap 100 gram kelopak bunga rosella mengandung 260-280 mg vitamin C, Vitamin D, B1 dan B2. Kandungan vitamin C, 3 kali lipat anggur hitam, 9 kali lipat jeruk sitrus, 10 kali lipat lebih besar daripada buah belimbing dan 2,5 kali lipat dibanding vitamin C dalam jambu biji (kelutuk). Selain itu Teh Rosella mengandung Kalsium Tinggi (486mg / 100 gr), Magnesium serta Omega 3. Teh Rosella juga diperkasya Vitamin A, Iron, Potasium, Beta Caroteen & Asam Esensial.

Flavonoid dalam kelopak bunga tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah kanker. Bahkan, beberapa ilmuwan menyebut flavonoid itu dapat mengobati kanker, terutama karena radikal bebas, seperti kanker lambung dan leukemia. Selain itu, teh rosella bisa digunakan untuk penderita hipertensi, penyakit hati, osteoporosis serta melancarkan air seni (sebagai diuretik), melancarkan aliran darah (dapat mengurangi kekentalan darah), mencegah infeksi (sebagai antibakteri, antiseptic, dan antiradang), mengobati sariawan (karena kandungan vitamin C), mengurangi kadar kolesterol darah, dll. Khusus penderita diabetes mellitus, selain dapat menurunkan kadar gula darah, kelopak bunga rosella bisa menyembuhkan penyakit (mungkin disebabkan peran flavonoid dalam menetralkan radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan sel beta pankreas yang memproduksi insulin).

Resep Si Merah Rosella

Kelopak bunga tanaman tersebut berwarna merah tua, tebal, dan berair. Semakin pekat warna merah, rasanya kian asam dengan khasiat yang juga semakin besar. Teh rosella dapat dibuat dengan cara berikut. Ambil tiga hingga empat kuntum bunga rosella segar, cuci bersih, kemudian seduh dengan air panas secukupnya (satu cangkir). Setelah beberapa saat, tekan kelopak bunga hingga air berwarna merah, kemudian saring. Airnya kemudian dapat diminum. Sehari, minum satu hingga tiga cangkir seduhan tersebut. Agar lebih enak, dapat ditambahkan madu dan atau air jeruk nipis. Untuk kelopak bunga rosella kering, seduh tiga hingga lima kuntum dengan segelas air mendidih. Tunggu tiga sampai sepuluh menit. Kemudian, seduhan dapat diminum sebanyak satu hingga tiga kali per hari. Supaya lebih nikmat, bisa ditambahkan madu atau gula, lantas dihidangkan dengan es batu.

Sumber:www.cintaherbal.wordpress.com